Wisata Terbaik di Cirebon

Wisata Terbaik di Cirebon

Telaga Remis menawarkan segarnya pemandangan alam khas kaki Gunung Ciremaiguna Anda yang hendak melepas penat dari padatnya kegiatan sehari-hari. Terletak selama 20 kilometer dari pusat Kota Cirebon, tepatnya diwilayah Kaduela, Kuningan, Telaga Remis konon adalahtempat pertapaan Raja Siliwangi pada masa lalu.

Wisata Terbaik di Cirebon
Wisata Terbaik di Cirebon

Nama Telaga Remis yang dalam bahasa Sunda memiliki makna embun berasal dari cerita Prabu Siliwangi yang memanfaatkan embun sebagai air minumnyaketika bertapa di wilayah tersebut yang dulu familiar tandus. Sang Prabu pun lantas membuang saldo embun tersebut sambil berdoa supaya kelak wilayah tersebut menjadi danau yang berguna untuk masyarakat sekitar.

Nyatanya, doa Prabu Siliwangi itu happybet188 menjadi kenyataan. Kini, Telaga Remis tak melulu mampu menjadi sumber mata air untuk warga sekitar, tapi pun telah disulap menjadi destinasi wisata yang dapat mendekatkan pengunjung pada alam. Di lahan seluas 3 hektare ini, Anda bisa menjelajahi area hutan di dekat telaga yang didiami ratusan jenis tumbuhan laksana pohon malaka, sonokeling, dan kosambi. Telaga Remis pun telah dilengkapi sejumlah kemudahan penunjang laksana camping ground, kamar mandi, warung, gazebo, dan lahan parkir.

Warga setempat menyinggung Setu Patok sebagai Danau Toba-nya Cirebon. Wajar saja, karena Setu Patok dapat dinobatkan sebagai telaga terbesar di distrik Cirebon dan sekitarnya. Danau Setu Patok tidak jarang dijadikan sebagai lokasi bersantai dan berburu foto untuk warga sekitar. Tempat wisata di Cirebon ini sangat ramai dikunjungi pada senja hari berkat pemandangan sunset-nya yang indah.

Pemandangan danau yang luas dan dikelilingi perbukitan bukan satu-satunyapesona yang dipunyai Setu Patok. Di lokasi wisata di Cirebon yang satu ini, pengunjung bisa menjajal sejumlah pekerjaan menarik laksana memancing, piknik, atau mengelilingi telaga dari atas perahu motor. Aksesmengarah ke Setu Patok juga sangat gampang berkat tempatnya yangsedang di jalur pantai utara area Mundu dan melulu memakan waktuselama 30 menit berkendara dari pusat Kota Cirebon.

Kawasan Trusmi familiar akan barisan rumah perajin batik. Kini area tersebut sudah disulap menjadi tujuan wisata kebiasaan yang diberi nama Sentra Batik Trusmi. Di sepanjang Jalan Trusmi tersebut, Anda bakal disajikan pelbagai galeri batik khas Cirebon yang familiar akan motif mega mendung dan coraknya yang terang tapi lembut.

Di area tempat wisata di Cirebon ini, kita tidak melulu dapat berburu oleh-oleh batik khas Cirebon. Beberapa galeri batik bahkan menawarkan kursus membatik untuk wisatawan yang tertarik mengupayakan menggambar motif batik khas Cirebon. Di samping membatik, pengunjung pun akandisuruh melukis topeng, sekaligus belajar menari topeng di area wisatapendidikan Sentra Batik Trusmi. Menarik, bukan?

Cirebon barangkali tidak punya banyak tempat wisata alam seperti area Kuningan atau Majalengka, sampai-sampai kehadiran Wanawisata Ciwaringinbarangkali dapat menjadi oasis untuk warga perkotaan Cirebon yangmemimpikan pemandangan hijau. Terletak di perbatasan Kabupaten Cirebon dan Majalengka, Wanawisata Ciwaringin menawarkan pemandangan hutan yang hijau sekaligus telaga yang biasa dijadikan sebagai lokasi memancing.

Pemandangan gunung kapur yang gagah juga turut menambah pesona tempat wisata di Cirebon yang satu ini. Tak melulu itu, di area Wanawisata Ciwaringin juga ada arena motorcross yang diperuntukkan untuk para pencinta tantangan. Tersedia pula sejumlah kemudahan pendukung laksana kamar mandi, lahan parkir, ruang ibadah, dan penginapan guna meyakinkanpekerjaan wisata pengunjung tetap nyaman.

Hutan Plangon dapat jadi tempat wisata unik sekaligus keramat untuk warga Cirebon dan sekitarnya. Konon, hutan ini adalahtempat menyepi dua pangeran keraton Cirebon. Banyak pun yang menuliskan bahwa dua pangeranitu disemayamkan di Hutan Plangon. Tidak heran bila tidak sedikit pula pengunjung yang datang ke Hutan Plangon guna berziarah ke makam dua sesepuh Cirebon tersebut.

Kawasan hutan yang terletak selama 3 kilometer dari pusat kota ini didiami ratusan ekor kera dan ragam ragam flora. Pengunjung yang datang ke lokasi wisata di Cirebon ini dapat bersenda gurau dengan kera-kera setempat atau sekadar memberi makanan. Namun, ingat, banyak sekali kera di Hutan Plangon agresif dan tidak cukup ramah terhadap semua pendatang. Jadi, usahakan guna tetap berhati-hati dan tidak mengganggu habitat kera di sana, ya. Hutan Monyet Plangon bertempat di Jalan Bumi Babakan Indah, Cirebon, dan bisa ditempuh dari pusat kota dalam waktu tidak cukup lebih 45 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *