Tempat Liburan di Cirebon

Tempat Liburan di Cirebon

Makam Sunan Gunung Jati tidak jarang dijadikan tujuan wisata religiuntuk wisatawan yang berasal dari Pulau Jawa. Di lokasi wisata di Cirebon ini kita akan menikmati suasana khidmat berkat lantunan ayat-ayat suci yang bergema di seantero perumahan Makam Sunan Gunung Jati. Gaya arsitektur khas Tiongkok, Jawa, dan Arab juga berpadu sempurnamenyusun harmoni yang menakjubkan. Beragam hiasan porselen khas Tiongkoktidak sedikit disematkan di dekat dinding makam.

Tempat Liburan di Cirebon
Tempat Liburan di Cirebon

Daya tarik beda yang dipunyai Kompleks Makam Sunan Gunung Jati ialah adanya sembilan pintu yang dibentuk secara bertingkat. Namun, pengunjungmelulu diperkenankan guna masuk sampai pintu ke-lima, karena pintu-pintu selanjutnya melulu diperuntukkan untuk keturunan Sunan Gunung Jati.

Kompleks Makam Sunan Gunung Jati bertempat di Jalan Alun-alun Astana Gunung Jati 53, Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati.

Beberapa tahun belakangan, minat pokerbeken wisatawan untuk mendatangi Taman Sari Gua Sunyaragi semakin meningkat. Berkat pemugaran lokasi taman dan pagelaran kesenian masing-masing tahunnya, lokasi wisata di Cirebon inisekarang tidak lagi tampak laksana tempat wisata yang terabaikan.

Taman yang memiliki barisan gua ini dulunya adalahtempat bermeditasiuntuk para pemuka kerajaan atau prajurit keraton. Keaslian bangunan-bangunan batu kuno di Gua Sunyaragi bahkan masih terasa begitu murnisampai saat ini. Warga lokal pun sering menjadikan lokasi wisata di Cirebon ini sebagai tempat berburu foto.

Taman Sari Gua Sunyaragi pun tidak jarang dijadikan tempat pagelaran musik, sendratari, sampai pembukaan Festival Keraton Nusantara yangdilakukan setahun sekali. Bahkan, baru-baru ini, pengelola Taman Sari Gua Sunyaragi pun meluncurkan wahana balon udara untuk unik minat wisawatansupaya semakin betah berangjangsana ke sini.

Tertarik datang ke lokasi wisata di Cirebon ini? Datang saja ketempatnya di Jalan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Cirebon. Taman Sari Gua Sunyaragi dimulai untuk umum masing-masing hari pada pukul 08:00-17:30.

Taman Ade Irma Suryani (TAIS) dikenal sebagai taman hiburan anak padadasawarsa 90-an. TAIS sempat terabaikan sebelum kesudahannya disulap menjadi waterpark yang diberi nama Cirebon Waterland. Sejak dimulai pada tahun 2014, lokasi wisata di Cirebon yang satu ini langsung menjadi primadona pariwisata untuk warga Cirebon dan sekitarnya. Kehadiran pondok ikonik laksana yang ada di Dusun Bambu Lembang serta restoran bergaya kapal laut menjadi daya tarik untuk wisatawan, terutama para pencinta fotografi.

Di samping pondok dan restoran yang ikonik, empang renang waterboom Cirebon Waterland juga patut kita jajal bareng si buah hati. Tempat wisata di Cirebon ini pun punya taman bermain anak yang dilengkapi sekian banyak  wahana permainan dan spot potret menarik.

Cirebon Waterland bertempat di Jalan Yos Sudarso 1, Lemahwungkuk, Cirebon. Objek wisata satu ini dimulai setiap hari pada pukul 07:00-21:00 dengan harga tiket masuk ekuivalen Rp50.000 dan Rp65.000 eksklusif akhir pekan.

Cirebon pun punya tujuan wisata dengan pemandangan malam yang ciamik, namanya Bukit Gronggong. Bukit Gronggong merupakan tempat nongkrongkesayangan anak muda Cirebon dan sekitarnya. Di area Bukit Gronggong,kita dapat merasakan indahnya pemandangan Cirebon pada malam hari darielevasi sambil duduk di bangku dan merasakan minuman hangat di tengah sejuknya cuaca perbukitan.

Kini, di kawasan tempat wisata di Cirebon ini sudah tidak sedikit berdiri restoran dan penginapan yang menyajikan panorama perbukitan yang memesona. Jadi, liburan bareng keluarga dan kawan pun dapat semakin menyenangkan. Buat kita yang tertarik merasakan pemandangan malam khas Bukit Gronggong yang bertempat di wilayah Patapan, Beber, Cirebon, kita hanyadiwajibkan membayar ongkos parkir sebesar Rp2.000 guna kendaraan roda dua, dan Rp5.000 guna mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *