https://betwin188.website/

Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Selo

Dikutip betwin188 Jalur Selo adalah jalur favorit para pendaki dalam pendakian gunung Merbabu. Jalur Selo memiliki tingkat kesulitan yang sedang dan cocok sekali untuk pendaki pemula. Pada jalur Selo ini pula pendaki akan menemukan pemandangan yang luar biasa seperti hutan, sabana rumput, bukit, kabut dan lain-lain.

Selo adalah nama desa di kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Desa Selo ini merupakan desa yang terletak di antara gunung Merbabu dan gunung Merapi. Jadi desa ini bisa dibilang sebagai start-nya pendakian untuk gunung Merbabu dan juga gunung Merapi.

Kita bisa menuju ke desa Selo lewat Magelang atau Boyolali. Tips penting sebelum melakukan pendakian ke gunung Merbabu itu tentukan jalur pendakiannya dulu kemudian cari tahu petunjuk untuk ke sana. Jika dari arah Yogyakarta, cara terbaik adalah lewat kota Muntilan. Para pendaki dapat naik angkutan umum atau sepeda motor atau mobil. Jika kamu bingung, kamu bisa tanyakan orang di Muntilan atau di Boyolali arah menuju Selo.

BASECAMP SELO MERBABU
Jika sudah sampai di desa Selo kerajaan basecamp pendakian gunung Merbabu. Yang paling terkenal adalah basecamp Pak Parman dan ada lagi basecamp Pak Bari.

Yang kita lakukan di basecamp adalah menitipkan kendaraan dan masuk sebagai pendaki. Untuk parkir kendaraan bermotor Rp 3.000, mobil RP 10.000 dan tiket tajam Rp 10.000 / orang / hari.

Nah, kita juga bisa memesan makanan saat di basecamp. Karna Cuaca pasti sangat dingin untuk makanan yang berkuah dan panas cocok sekali deh. Nasi telur dan soto adalah menu utama. Untuk harga berkisar Rp 8.000 – Rp 15.000

Persiapan terakhir adalah pemeriksaan kesehatan dan kesehatan. Satu lagi jangan lupa sebelum memulai pendakian.

MEMULAI PENDAKIAN
Basecamp – Pos I Dok Malang (2,5jam) 200 meter pertama, setelah masuk gapura kita akan menemui plang seperti di atas.

Pos I – Pos II Tikungan Macan (30 menit) Inilah Pos 2. Dari Pos 1 ke Pos 2 rata-rata hanya 30 menit saja. Nah di Pos 2 ini tampilan -nya lebih luas dan lebih bagus. Kita akan disuguhi bukit-bukit dan jalur tanjakkan yang ekstrim. Di sini kita bisa mendirikan tenda, tapi hal tersebut tidak mungkin untuk bertenda karena kita masih di 20% perjalanan.

Pos II – Sabana I (2,5jam) Setelah itu baru kita memulai perjalanan menanjak. Namun tenang saja karena di atas akan ada jalur yang datar.

Sabana I – Pos III Batu Tulis (1jam) Selanjutnya setelah Sabana 1 kita akan melewati Pos 3. Di sini juga favorit untuk mendirikan tenda. Mulai dari Pos 3 kita akan disuguhi sabana rumput yang sangat indah. Rata-rata butuh 45 menit – 1 jam dari Sabana 1 menuju Pos 3.

Pos III – Sabana II (30 menit) Sabana 2. Nah, ini dia favorit pertama untuk mendirikan tenda. Di sini ada lebih luas dari Sabana 1 dan ada barisan pepohonan juga. Kita bisa lebih leluasa memilih tempat untuk mendirikan tenda. Di Sabana 2 ini pemandangannya indah sekali. Butuh 30 menit-45 menit dari Pos 3 menuju Sabana 2. Tips : Jika Anda ingin berhasil melihat matahari terbit di puncak gunung Merbabu, maka dirikan tenda di Sabana 2 karena kami hanya butuh 1-2jam lagi untuk menuju puncak Merbabu.

Sabana II – Puncak Kenteng Songo (1jam) Puncak Kenteng Songo 3.142 mdpl (puncak tertinggi Gunung Merbabu). Dibutuhkan sekitar 1jam lagi dari Sabana 2 hingga sampai puncak Kenteng Songo atau Trianggulasi.

Puncak Kenteng Songo – Puncak Syarif (30 menit) Puncak Syarif 3.119 mdpl. Puncak Syarif berdekatan dengan Puncak Kenteng Songo / Trianggulasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *