7 Destinasi Wisata Saat Berkunjung Ke Blitar

Kamu pecinta traveling, sekaligus senang dengan hal-hal yang sehubungan erat dengan sejarah? Kini saatnya kamu berangjangsana ke Blitar, merasakan sajian alam dan wisatanya yang pantang andai kamu lewatkan.

Blitar mempunyai dua wilayah, kota dan kabupaten. Kota ini dikenal dengan tidak sedikit sebutan. Kota Patria, Kota PETA (Pembela Tanah Air), pun Kota Koi. Di samping itu, Blitar pun mempunyai julukan sebagai Bumi Laya Ika Tantra Adhi Raja, atau lokasi pusara raja-raja agung yang berdaulat.

Nah, berikut 8 tujuan yang wajib anda kunjungi andai kamu datang ke Blitar.

  1. Makam Bung Karno

Siapa yang tak kenal sosok Bung Karno? Di Kota Blitar inilah lokasi disemayamkannya jasad presiden kesatu Indonesia itu. Kamu dapat berziarah di Makam Bung Karno, seraya menyusuri pasar “ular”. Pasar yang menyediakan ragam oleh-oleh, makanan, kerajinan, pun pernak-pernik beda yang pastinya khas Kota Blitar. Jangan khawatir, makam Bung Karno dimulai 24 jam. Sehingga pukul berapapun anda datang, kamu dapat berziarah tanpa fobia ada jam malam.

Kamu dapat berziarah sekaligus memperingati jasa-jasa Bung Karno dengan mendatangi Museum Bung Karno. Di dekat pintu masuk museum, ada patung Bung Karno yang gagah. Museum ini menyimpan foto-foto, patung, miniatur, lukisan, buku-buku dan dokumentasi, dan segala bukti jasmani yang merekam perjalanan hidup sang pahlawan proklamator. Di museum ini pula terapat bendera sang saka merah putih yang dipakai untuk menggelar upacara kebebasan pada 17 Agustus 1945 silam.

Menurut situs happybet188 di samping museum, anda juga dapat mengunjungi Perpustakaan Nasional Bung Karno. Perpustakaan ini menyimpan tidak sedikit koleksi, dengan layanan dimulai sejak hari Senin sampai Jumat, pukul 09.00-15.00 WIB.

Di Jalan Sultan Agung 49, tak jauh dari area makam Bung Karno, anda juga dapat mengunjungi Istana Gebang, yaitu lokasi tinggal yang pernah ditempati Bung Karno saat masih kecil. Berbagai perabotan lokasi tinggal serta dekorasi jaman dulu masih teratur rapih di tepat dengan luas distrik 1.5 hektar ini. Kamu tak perlu menunaikan tiket guna masuk ke area ini. Cukup dengan parkir andai kamu membawa kendaraan pribadi.

Destinasi Wisata
Destinasi Wisata
  1. Candi Penataran

Selamat!! Karena ketika anda berada di Blitar, kamu dapat mengunjungi Candi Penataran. Candi bergaya arsitek Hindu yang adalahcandi tertinggi di Jawa Timur. Konon, di candi inilah lokasi disimpannya abu dari Ken Arok, pendiri kerajaan Singasari, dan pun abu dari Raja Kertarajasa Jayawardhana, pendiri Kerajaan Majapahit. Dari prasasti yang ada, diduga candi ini sudah berdiri semenjak masa Kerajaan Kadiri yakni tahun 1200 masehi.

Pada masing-masing tiga bulan sekali di bulan purnama, kamu dapat menyaksikan perhelatan yang disajikan oleh Dewan Kesenian Blitar. Ialah Purnama Seruling Penataran. Sajian perhelatan seni yang tak pernah sepi dari trafik masyarakat Blitar dan sekitarnya.

  1. Makam Syekh Subakir

Meskipun tidak sedikit perdebatan tentang di mana disemayamkannya jasad dari Syeh Subakir, tetapi makam ini tak pernah sepi peziarah. Sosok pembabad tanah Jawa ini rupanya membawa magnet tersendiri untuk para pengunjung yang hendak berziarah dan berwisata religi. Syekh Subakir dikenal sebagai tetua tanah Jawa sekaligus figur yang mengajarkan agama Islam di tanah Jawa.

Letak makam Syekh Subakir lumayan dekat dari perumahan candi Penataran. Dari candi Penataran, kamu dapat berziarah ke makam ini dengan melulu berjalan kaki sambil merasakan lingkungan alam Desa Penataran yang asri dan masyarakatnya yang ramah.

  1. Telaga Pacuh

Ini dia tempat untuk kamu yang gemar sekali dengan panorama alam yang adem, dan pastinya nggak ramai dengan tidak sedikit manusia. Awalnya melulu telaga biasa, namun sejumlah waktu belakangan, Telaga Paco dimulai sebagai lokasi wisata untuk masyarakat setempat. Nggak butuh effort lebih untuk dapat sampai di lokasi ini. Wisata Telaga Paco terletak di pinggir jalan raya, tepatnya di Desa Pacuh, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

Kamu dan teman-temanmu tak perlu menunaikan tiket guna masuk area Telaga Paco. Cukup dengan menunaikan parkir kendaraan pribadi, kalian dapat bersantai seharian. Jangan khawatir, sebab kawasan danau ini dilengkapi dengan lokasi duduk-duduk menghadap ke telaga. Cocok untuk anda yang suka baca di ruang tersingkap yang tak tidak sedikit manusia. Ada pun taman kecil yang dapat kamu manfaatkan untuk melangsungkan tikar dan merasakan bekal di sana. Menarik, bukan?

  1. Gunung Kelud

Meskipun secara administratif pariwisata Gunung Kelud dikelola oleh Kabupaten Kediri, tetapi dari Blitar anda sangat dapat mengunjungi Gunung Kelud. Jangan khawatir anda harus membawa carier dan ransel besar untuk memanjat gunung ini, ya. Gunung Kelud melulu memiliki elevasi 1.731 mdpl. Namun demikian, panorama alam di sana paling sayang andai kamu lewatkan.

Kamu dapat membawa kendaraan bermotor atau jeep, dan memarkirnya di lokasi parkir Gunung Kelud. Kemudian dapat mendaki atau turun ke lokasi kawah dan merasakan pemandangan di sana. Di area Gunung Kelud pun ada aliran alir panas dan dingin masih di lokasi yang sama.

  1. Rambut Monte

Rambut Monte. Namanya tersiar aneh, bukan? Namun ketika anda mengunjungi lokasi ini, dijamin sekian banyak penat bakal hilang. Rambut monte merupakan area telaga dengan air berwarna biru tosca, yang diisi dengan ikan-ikan “dewa”. Telaga ini terletak di dataran tinggi, dan dikelilingi dengan sawah dan pepohonan besar yang menjulang tinggi.

  1. Berbagai wisata pantai

Kabupaten Blitar berbatasan langsung dengan pantai selatan. Sehingga tak heran, akan tidak sedikit jenis pantai yang dapat kamu kunjungi andai kamu pergi ke Blitar. Di antara pantai-pantai yang recommended itu merupakan pantai Tambakrejo, pantai Pangi, Pantai Serang, pantai Jolosutro, pantai Peh Pulo, dan masih tidak sedikit pantai lainnya.

Salah satu yang unik untuk dikunjungi merupakan pantai Peh Pulo. Pantai ini tidak jarang dijuluki dengan Raja Ampat-nya Blitar. Jika anda naik ke bukit di pantai ini, kamu dapat melihat hamparan birunya air laut di pantai selatan, serta sesekali menyaksikan penyu yang berenang di dalamnya.

Jika kamu berangjangsana ke pantai ini, pastikan sejumlah bekal sudah anda bawa, ya. Karena pantai ini belum dimulai sebagai lokasi wisata, sampai-sampai belum terdapat penjaja yang meluangkan makanan di lokasi pantai ini. Akses mengarah ke pantai juga lumayan susah, hanya dapat dilewati dengan kendaraan roda dua. Namun, segalanya bakal terbayar ketika anda telah hingga di Peh Pulo.

Demikian destinasi-destinasi yang tak membutuhkan effort besar yang dapat kamu kunjungi di Blitar. Masih tidak sedikit tempat-tempat unik lainnya yang dapat kamu kunjungi di Blitar.

7 Tanda Kamu Sedang Dimanfaatkan

Di dunia ini terdapat orang-orang yang layak dijaga dan terdapat orang-orang yang usahakan segera anda tinggalkan. Dia yang layak anda pertahankan ialah yang sudah mengindikasikan kualitasnya sebagai orang terdekat. Tak mesti tidak jarang kali berdekatan, tetapi terus berjuang memberikan sokongan meski jarak berjauhan.

Namun ada pun dia yang tidak jarang kali datang saat memerlukan dan menghilang saat semua urusan telah kelar. Ini yang namanya anda sedang dimanfaatkan. Mereka dapat memasang wajah manis dan baik hati, sampai kamu tidak tidak jarang kali menyadarinya.

Menurut agen bola online terpercaya Mulai sekarang anda harus lebih peduli. Jangan sampai anda menghabiskan waktumu guna orang-orang yang tidak pernah memandangmu serius. Bila hal-hal ini anda alami, anda harus mulai memberi batas diri.

1. Jangankan haha-hihi panjang lebar. Menanyakan kabar saja tidak pernah, tiba-tiba hadir dengan gaya sok akrab sambil mohon bantuan

7 Tanda Kamu Sedang Dimanfaatkan
7 Tanda Kamu Sedang Dimanfaatkan

Kelulusan ataupun wisuda sering membalikkan kita pada kegiatan sendiri-sendiri. Ada yang mulai sibuk menggali pekerjaan, ada pun yang menyimpulkan untuk menggali peruntungan ke luar kota. Jarak dan intensitas pertemuan memang penting, namun tersebut tak mesti menjadi penentu fasih tidaknya komunikasi. Ada layanan SMS, chat, media sosial, dan telepon, tetapi dia tidak pernah merasa butuh untuk mengawal komunikasi denganmu.

Jangankan membual ngalor ngidul sekadar haha-hihi, ditanya kabar saja dia jarang membalas. Setelah seluruh itu, tiba-tiba dia hadir dengan manis dengan kalimat manis laksana ‘Kamu apa kabar? Ih kangeeen…’. Bukan berarti berpikiran negatif, tetapi sudah sepatutnya anda bertanya-tanya.

2. Sesekali disuruh jalan mendadak tersebut normal. Tapi bila berkali-kali, mungkin tersebut bukan spontanitas, melainkan anda selalu jadi cadangan

“Eh Ta, anda mau nggak ke Bandung? Liburan bersama gitu. Yuk?”

“Boleh aja. Kapan tuh?”

“Nanti senja berangkat. Yuk? Aku udah booking penginapan soalnya.”

Karena yang direncanakan jauh-jauh hari biasanya gagal karena sekian banyak hal, tidak sedikit yang memilih guna menjalani rencana-rencana dadakan. Spontanitas di samping jauh lebih berkesempatan untuk diwujudkan pun terasa lebih asyik dan menantang. Apakah dia tidak jarang mengajakmu jalan secara dadakan laksana itu?

Sekali atau dua kali boleh saja anda menikmati. Namun andai itu terjadi masing-masing kali dia menyuruh jalan, anda harus mulai curiga. Bisa saja, sebetulnya dia berencana dengan orang lain, tapi sebab satu dan beda hal, rencana tersebut harus batal. Dengan kata lain, anda selalu dijadikan cadangan.

3. Kamu tidak jarang bingung saat harus mengekor kesepakatan. Perasaan anda tidak pernah disuruh rembukan~

Dia : “Udah ya? Sepakat seluruh yaa, nanti anda ke Puthuk Setumbu dulu, berakhir itu anda ke Gunung Kidul bikin eksplore pantai. Minggu malam anda balik ke Jakarta.”

Kamu : dalam hati Lah, sepakat gimana? Kapan rembukannya kok tahu-tahu udah sepakat aja?

Untuk masing-masing rencana yang diciptakan bersama-sama, pendapatmu tidak pernah diperdulikan. Entah sebab kamu dirasakan kamu tidak jarang kali setuju apapun hasil kesepakatan, atau anda memang dirasakan pupuk bawang, alias kehadiranmu melulu sekadar tambah-tambah saja. Yang namanya kesepakatan seharusnya diciptakan menurut persetujuan seluruh pihak yang terlibat. Bila anda selalu disingkirkan dari musyawarah bareng dan tiba-tiba ditodong guna bilang ‘iya’, barangkali keberadaanmu memang tidak terdapat harganya.

4. Sekali dua kali meminjam duit boleh saja. Mungkin dia memang sedang membutuhkan. Namun bila berkali-kali, barangkali kamu dirasakan sebagai ATM berjalan

Soal pinjam meminjam uang dapat menjadi permasalahan sensitif dan merusak persahabatan. Kamu yang tidak pernah perhitungan barangkali terbiasa memberikan pertolongan kepada rekan yang membutuhkan. Seratus hingga dua ratus ribu tidak masalah, toh demi teman. Namun anda harus mulai waspada bila dia telah melakukan tersebut berkali-kali. Datang dengan segala keluhan dan dalil untuk meminjam uang, seakan-akan kamu ialah tempat satu-satunya guna diminta bantuan.

Bukannya tak mau membantu rekan sendiri, namun ingat bahwa anda bukan ATM berjalan. Kebaikan hatimu dapat membuatnya jadi gampang menggampangkan.

5. Dia seketika sibuk ketika anda minta bantuan. Besoknya dia bakal datang dengan permintaan maaf dan penyesalan yang tidak menciptakan hatimu bergerak

“Sa, temani aku beli kitab yuk? Buat bahan buat makalah yang dikumpul kelak nih?”
“Aduh Ta, maaf banget. Hari ini aku terdapat les piano. Terus berakhir itu terdapat acara family di Bogor. Maaf banget yaa.”

“Sa, boleh mohon tolong periksa in form pencatatan aku di internet nggak? Aku lagi nggak dapat akses internet nih.”
“Wah bukannya nggak inginkan Ta. Tapi aku lagi repot banget nih di rumah. Keluarga pada ngumpul, aku sibuk bantuin Mama di dapur”

“Sa, temani aku beli sepatu yuk? Aku perlu second opinion nanti.”
“Soriii banget Ta, soriii. Aku udah janji sama Dita dan Ayu bikin ke salon nanti sore. Maaf bangeet yaa?”

Dia yang tidak jarang kali mengajakmu secara mendadak, mengandalkanmu untuk mengerjakan ini dan itu, tiba-tiba tidak jarang kali sibuk masing-masing kali anda membutuhkannya. Beragam dalil dia pakai tanpa tersiar mengada-ada. Bukan melulu itu, dia pun menyelipkan kalimat-kalimat penyesalan dan permintaan maaf yang tidak main-main. Tapi andai itu terjadi berkali-kali, anda harusnya sudah dapat menduga bahwa dia tidak pernah memandangmu kawan sepenuhnya. Karena sahabat tentu akan berjuang datang saat kamu perlu bantuan.

6. Dia tidak pernah mengkritikmu. Tapi seluruh pujiannya tersiar palsu, melulu semata-mata guna menyenangkanmu

Teman yang baik ialah teman yang selalu menyokong setiap usahamu. Namun tersebut tidak berarti dia yang tidak pernah mengkritikmu dan selalu mengamini apa yang katakan dan lakukan. Teman yang baik ialah dia yang tidak ragu mengingatkan saat kamu di tepi kesalahan. Sementara dia yang tidak jarang kali memuji, yang melulu mengatakan apa yang anda dengar, dapat saja sebetulnya tidka peduli padamu. Kamu salah atau benar, tidak terdapat untungnya guna dia.

Yang jelas, dia berjuang menjaga hatimu, membuatmu tidak jarang kali merasa didukung, dan dengan begitu, dia bercita-cita kamu tidak jarang kali siap guna dimintai pertolongan kapanpun dibutuhkan.

7. Tidak hanya teman-teman gadungan, dia yang anda kira dekat di hati pun dapat palsu.

Tak terdapat yang bilang move on tersebut mudah. Tapi barangkali semua orang setuju bahwa teknik move on yang paling gampang dan besar bisa jadi berhasilnya ialah dengan bareng orang yang baru. Meski tak selalu dimulai cinta sedalam-dalamnya, toh cinta dapat datang sebab terbiasa. Namun bila pasanganmu terus-terusan merundingkan mantannya dan sibuk sendiri menciptakan perbandingan antara anda dengan dia, pastinya ini bukan lagi biasa. Apalagi bila dia tidak jarang sengaja mengajakmu ke tempat-tempat yang besar bisa jadi untuk bertemu sang mantan.

Hipotesis kesatu, dia melulu sedang berjuang membuat mantannya menyesal dan tahu bahwa dia dapat mencari orang lain. Hipotesis kedua, dia malah memanfaatkanmu supaya dapat balikan dengan mantan.

Diakui atau tidak, ketika ini dunia sudah sarat manipulasi. Banyak orang yang terang-terangan memanfaatkan orang beda demi kepentingannya. Karena itu, telah saatnya anda menjadi selektif. Bukan berarti anda harus memberi batas pergaulan dengan orang-orang yang menguntungkan saja. Tapi anda harus tahu batas kapan anda boleh baik hati, dan kapan anda harus menghargai diri sendiri.

6 Alasan Kebahagiaan di Usia 25-an Tak Lagi Sesederhana

Nasehat yang telah terlalu sering anda dengar. Karena ungkapan tersebut kamu juga punya pandangan bahwa tak perlu berjuang keras atau tidak sedikit berkorban untuk menikmati kebahagiaan. Seiring berjalannya waktu, anda mulai tumbuh dan mengalami sekian banyak fase kehidupan. Sekarang, diumurmu yang seperempat abad ini, pandanganmu mengenai bahagia mulai bergeser. Nasehat tadi seolah isapan jempol.

Menurut sbobet terpercaya Untukmu yang sekarang menjalani fase umur 25-an, kebahagiaan barangkali tak sesederhana yang dibayangkan. Nggak butuh putus harapan dulu, namun anda usahakan mengetahui penyebab kenapa bahagia tak dapat dirasakan dengan sesederhana itu. Berikut dalil yang barangkali mendasari terjadinya pergeseran arti bahagia. Kamu butuh pahami dan resapi supaya bisa terus berjuang membahagiakan diri.

1. Waktu kecil anda percaya bahagia dapat didapatkan sesederhana bisa izin santap sambil nonton acara TV tanpa mandi dulu

6 Alasan Kebahagiaan di Usia 25-an Tak Lagi Sesederhana
6 Alasan Kebahagiaan di Usia 25-an Tak Lagi Sesederhana

Biarpun masa-masa kecil anda masih mesti darurat tidur siang atau santap sayur yang rasanya nggak enak. Tapi anda masih dapat merasakan bahagia setelahnya. Seperti anda diberi kemerdekaan oleh ibu untuk santap sambil menyaksikan acara TV tanpa butuh mandi dulu. Hal tersebut meskipun melulu sekali seminggu anda alami, tapi tidak jarang kali sukses mengembangkan senyum kecil di wajahmu.

2. Nyatanya sekarang Bahagia yang simpel mulai sulit anda rasakan, lagipula saat menginjak usia 25-an

 

Waktu terus berjalan, dan tak terasa anda sudah menginjak usia seperempat abad. Usia di mana anda telah mengalami sejumlah fase pembelajaran dalam kehidupan. Di umur ini pula anda harus menerima kenyataan bila bahagia tidak lagi kebebasan santap di depan TV, namun lebih susah lagi. Kamu mesti mengorbankan sesuatu melulu untuk menikmati secuil kebahagiaan yang dulu diperoleh secara gratis itu.

3. Ingin senang-senang dengan pergi travelling, namun apa daya anda malah terjebak rutinitas kegiatan yang buatmu kepayahan sendiri

 

Meskipun sekarang anda udah punya kegiatan dan pendapatan sendiri, tetap saja anda harus mengekor aturan perusahaan supaya bisa segera liburan. Tapi seringnya anda harus gigit jari sebab rutinitas kegiatan semakin lama buatmu kepayahan sendiri. Pengorbanan berlebih juga mau enggan harus anda lakukan. Seperti lembur berhari-hari, menyimpan uang demi biaya perjalanan, sampai pintar-pintar memungut jatah libur yang melulu dua belas hari. Semua pengorbanan tersebut kamu kerjakan demi sebuah:

Ah, kesudahannya melepas penat juga!

4. Rencanamu hendak membahagiakan ayah ibu di dusun halaman, tetapi jumlah pemasukan hanya lumayan untuk kebutuhanmu sebulan

 

Sewaktu kecil dulu kamu hendak sekali membahagiakan kedua orangtua ketika sudah bekerja. Salah satunya laksana mengirimi duit secara rutin guna membantu kebutuhan rumah tangga. Namun kenyataannya, di umur yang 25-an ini anda masih saja terseok demi mendirikan tiang perekonomian diri. Jangankan guna rutin mengantarkan sejumlah duit ke ayah dan ibu di dusun halaman. Untuk menyimpan uang saja anda udah kesusahan sebab pemasukan yang pas banget di kantongmu sendiri.

5. Kembali ke rumah pun belum pasti buatmu bahagia. Apalagi saat anda masih sendiri di umur 25-an ini

 

Dulu bahagiamu lumayan sederhana. Cukup dengan sedang di rumah, nonton TV seraya ngemil sesuatu produksi ibu. Namun sekarang urusan itu nggak berlaku lagi. Meskipun anda tetap masih dapat nonton TV sambil santap sesuatu, terdapat hal-hal yang terus mengusik kebahagiaan. Apalagi saat anda kembali ke rumah, anda masih sendiri di umur yang udah lumayan matang ini. Obrolan mengenai jodoh dan masa mendatang menjadi di antara hal yang mau enggan mengharuskanmu merelakan kata bahagia itu.

“Nak, kapan anda bawa calon menantu bikin ibu?”

5. Standar bahagiamu sekarang tak lagi sama. Semakin bertambahnya umur dan bimbingan hidup yang ada bikin bahagiamu jauh dari kata sederhana

 

Travelling, kiriman guna ayah ibu hingga sekadar nonton TV dengan tenang di lokasi tinggal sendiri, ialah sederet kebahagiaan sederhanamu. Hal-hal tersebut dalam prakteknya tak dapat didapatkan secara sederhana. Harus terdapat pengorbanan yang perlu anda lakukan terlebih dahulu. Seperti menabung, lembur, hingga memantaskan diri supaya segera bisa calon mantu. Kamu juga akhirnya tersadar bahwa semakin meningkatnya usia, standar kebahagiaan pun semakin tinggi adanya. Kalau boleh meminta, barangkali kamu hendak kembali ke masa kecil dulu. Masa di mana kamu dapat merasa bahagia tanpa butuh mengorbankan apa-apa.

6. Meski di umur 25-an bahagiamu tak lagi sederhana, tapi sangat tidak anda selalu punya nyali untuk menggali kebahagiaanmu sendiri

 

Mau tidak mau, suka tidak suka, di umur 25-an bahagia memang udah nggak lagi sederhana. Kamu telah sepantasnya bersyukur dengan semakin tingginya standar bahagia di usiamu yang kini ini. Paling tidak anda selalu punya nyali guna terus berjuang dan bekerja lebih keras lagi untuk mengisi kebutuhanmu mengenai rasa bahagia ini.

Seiring meningkatnya usia, hidup memang nggak bakal semakin mudah. Bahagia yang nggak lagi simpel bukan berarti anda nggak dapat merasakannya. Kamu melulu perlu berjuang lebih giat serta mempersiapkan mental yang kuat. Jadi, udah siapkah anda untuk berusaha demi bahagiamu hari ini?

7 Hal yang Kamu Anggap Biasa dan Sering Disia-siakan

Hidupmu ketika ini barangkali tak seindah drama Korea. Tak pun berkelimpahan harta. Namun, sebagai anak muda kelompok menengah, bersyukur mesti tetap anda agendakan masing-masing harinya. Karena sebenarnya tidak sedikit hal yang anda anggap biasa, tetapi bernilai mewah dimata orang beda yang membutuhkannya. Sebenarnya bukan karena anda nggak bersyukur, kamu melulu belum menyadari alangkah banyaknya urusan berharga dalam hidupmu sekitar ini.

Menurut situs taruhan bola terpercaya 7 hal inilah ini mungkin tidak jarang luput untuk anda syukuri, namun untuk mereka yang sedang di belahan bumi lain, nilainya sesuai dengan kemehawan.

1. Meski terkadang menurutmu menunya membosankan, bersyukurlah anda yang masih dapat makan sehari tiga kali

7 Hal yang Kamu Anggap Biasa dan Sering Disia-siakan
7 Hal yang Kamu Anggap Biasa dan Sering Disia-siakan

Memutuskan mau santap apa dan di mana, kini udah mudah banget. Kalau anda pingin coba-coba kafe baru di kotamu, anda tinggal berangkat! Berapa juga harganya, anda dengan senang hati menerbitkan lembaran duit tanpa perhitungan. Apakah anda sudah bersyukur? Kalau anda mau menyaksikan di sekelilingmu, masih tidak sedikit yang bingung dan bertanya-tanya.

‘Hari ini masih dapat makan? Apakah mesti menyangga lapar ini sampai esok hari?’

Hal yang anda anggap biasa ini ternyata masih menjadi urusan yang mewah untuk orang lain. Banyak-banyaklah bersyukur di tiap sendok yang anda cerna ke dalam badanmu.

2. Bisa rutin melakukan pembelian barang online ialah sebuah kemewahan yang sekitar ini anda anggap biasa. Sementara saudaramu di pelosok sana hanya dapat tersenyum getir dengan pakaian lusuh menempel di badan

Saat ini tak terhitung berapa tidak sedikit situs melakukan pembelian barang online yang memudahkanmu melakukan pembelian barang baju sampai sepatu. Sangat memudahkanmu yang jiwanya mager dan malas terbit rumah. Tinggal mendatangi situs melakukan pembelian barang langgananmu saja, pilih pakaian yang anda suka, transfer via e-banking, dan taraaaa. Tunggu sejumlah waktu, pakaian yang anda pesan pun hingga ke tanganmu.

Tak melulu baju, aksesoris, atau make-up juga dapat dengan mudah dilaksanakan dengan transaksi virtual. Yang sayangnya, untuk saudara-saudaramu yang berdomisili di wilayah terpencil yang terisolasi dari akses internet, melakukan pembelian barang online ialah sebuah kemewahan. Padahal andai menilik keterbatasan akses, merekalah yang sangat membutuhkan fasilitas dalam melakukan pembelian barang online.

3. Meski tak tercatat sebagai mahasiswa, namun menjadi individu yang berwawasan dapat kamu wujudkan dengan modal koneksi internet saja

Di era digital sekarang, belajar dapat kamu kerjakan di mana saja dan kapan saja. Cukup siapkan laptop dan koneksi internet, maka kegiatan menimba ilmu pun dapat dengan mudah anda lakukan dari dunia maya. Tak butuh merogoh kocek sampai puluhan juta, lumayan modal koneksi internet saja. Dan pekerjaan mengunjungi aneka situs yang edukatif pun dapat kamu lakukan.

Belajar mengenai ekonomi sampai antropologi, dapat dengan mudah anda lakukan. Cukup kunjungi saja website edx. Butuh semangat tapi nggak terdapat yang dapat menguatkan? Cukup kunjungi saja channel Youtube-nya TED. Sebuah fasilitas yang seharusnya dapat dirasakan oleh mereka yang berdomisili di wilayah terpencil. Jika saja mereka mendapat akses internet…

4. Kamu yang hidup di era digital haram hukumnya gamang soal perasaan, sebab jodoh pun dapat didapatkan via virtual

Tak melulu baju, sepatu, atau perabot lokasi tinggal tangga saja yang dapat didapat dari dunia maya, jodoh juga bisa. Saat ini sudah tidak sedikit situs biro jodoh online untuk semua tuna asmara yang tengah gamang soal cinta. Kamu melulu perlu sering-sering mampir di website tersebut, siapa tahu ketemu pasangan yang sesuai buat kamu.

Dari yang sekadar untuk disuruh jalan, sampai yang diangkut serius mengarah ke pelaminan, ada. Kamu barangkali udah tidak jarang mendengar kan, pasangan yang sukses menuju pelaminan lewat perkenalan di media sosial semacam Facebook atau Twitter?

5. Tak perlu terbit uang tidak sedikit untuk menyegarkan pikiran, sebab dunia maya menawarkan hiburan yang melimpah, dari sekadar chatting sampai game online

Traveling memang menyenangkan. Pengalaman tak terlupakan juga selalu dapat kamu rasakan. Tapi tersebut untuk anda yang kebetulan punya tabungan. Lantas, bagaimana dengan anda yang belum punya lumayan uang, tetapi sangat perlu hiburan guna melepas penat?

Tenang, lumayan sediakan kuota internet cocok isi kantongmu saja. Setelah itu, bermukim pilih, inginkan chatting dengan rekan dunia maya, membenamkan diri dalam keseruan game online, atau bahkan sekadar menonton aksi musisi idolamu di Youtube. Semua ada, seluruh tersedia.

6. Banyak dari anda yang belum menyadari potensi besarmu guna jadi pengusaha

Bukannya latah, tapi mengekor jejak CEO Traveloka, Go-Jek, sampai Bukalapak untuk membina startup dapat kamu pertimbangkan. Sayang banget bila kamu menyia-nyiakan segala fasilitas yang ditawarkan oleh era digital sekarang. Sebab ketika ini tidak sedikit barang dan jasa yang terdapat secara online.

Inilah momen yang tepat untuk membina startup-mu sendiri. Yup, menjadi pengusaha yang membuka lapangan kegiatan untuk orang lain. Mungkin, ketika ini bisnis yang belum tidak sedikit dibidik oleh tidak sedikit orang ialah bisnis bersih-bersih kosan. So, kamu punya minat membangun startup yang mengakomodir jasa tersebut? Hhehehe.

7. Jangan sia-siakan kesempatanmu guna mengembangkan usaha seiring pesatnya pertumbuhan e-commerce di Indonesia

Jika kebetulan anda sudah merintis bisnis dari semenjak menjadi mahasiswa, tetapi masih dengan teknik konvensional, baiknya anda segera membuka lapak secara online deh. Karena pertumbuhan e-commerce di Indonesia tengah berkembang dengan suburnya. Tak melulu mendulang untung yang banyak, bisnis online pun memudahkan konsumen sekaligus anda sebagai produsennya. Hehehe. Yuk, segera kitab toko online!

Beruntungnya anda yang masih dapat merasakan 7 urusan di atas. Karenanya anda layak guna mensyukurinya ketika ini. Kemewahan dan peluang yang sayangnya hanya dapat dirasakan oleh anda yang sedang di Pulau Jawa, terutama kota besar laksana Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, dan Surabaya saja. Sementara tersebut teman-teman anda yang menetap di distrik Indonesia lainnya, bahkan terdapat yang belum pernah mengakses internet sekalipun.

Yup, menurut survei yang dilaksanakan oleh TechinAsia terhadap remaja di semua Indonesia, selama 87% remaja yang bermukim di wilayah terasing (dengan tingkat kemiskinan tinggi) laksana Maluku Utara dan Papua Barat yang tidak pernah mengakses internet. Sungguh miris lantaran mereka belum dapat merasakan fasilitas yang anda dapat hari ini.

Karenanya network sharing menjadi di antara solusi terbaik untuk pemerataan jaringan telekomunikasi di semua Indonesia. Pemerataan telekomunikasi lewat jaringan 4G yang merata dan dapat diakses lintas operator di Indonesia ialah yang sangat diharapkan. Dengan network sharing ini nantinya semua warga Indonesia diharapkan dapat mendapat akses internet yang konektivitasnya baik dan berbiaya murah. Tak melulu itu, diinginkan pula nantinya bisnis startup dan industri kreatif digital dapat berkembang di luar pulau Jawa. FYI nih guys, network sharing telah diterapkan di sejumlah negara maju laksana Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Kanada, dan Australia.